Belitung timur Detak media.com
Ratusan anak-anak TK/PAUD se Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional di rumah dinas Bupati Beltim, Selasa (23/7).
Bupati Burhanudin yang hadir dalam kesempatan itu mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2024 dan mengajak semua pihak untuk melindungi anak-anak agar tidak menjadi korban dari para pelaku kejahatan.
Anak-anak adalah aset bangsa yang harus dilindungi dari segala bentuk ancaman, kekerasan dan kejahatan serta diberikan akses penuh terhadap pendidikan, kesehatan, dan lingkungan yang aman,” ungkap Aan panggilan akrab Burhanudin.
Aan menyampaikan setiap anak punya cita-cita. Ia minta agar orang tua menjadi perisai untuk menggapai impian masa depannya dan pelindung bagi anak-anak mereka dari segala bentuk kejahatan.
“Peran orang tua sangat penting dalam mengawasi dan mengontrol perilaku anak-anak mengingat rentannya kejahatan dan segala bentuk kekerasan, antara lain predator anak dan lainnya,” ungkap Aan.
Pada peringatan Hari Anak Nasional ini, kata Aan, sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa agar bisa tumbuh serta berkembang secara optimal.


Kegiatan yang dihadiri juga Bunda PAUD Kabupaten Beltim Purwenda, Bunda PAUD kecamatan se Beltim, kepala perangkat daerah, Ketua Komnas Perlindungan Anak Babel Imelda Handayani, pengurus PD Himpaudi Beltim, guru-guru dan anak-anak.
Ketua Komnas Perlindungan Anak Babel Imelda Handayani menuturkan peringatan Hari Anak Nasional mengusung tema bersama wujudkan anak-anak Beltim merdeka dari segala bentuk kekerasan dan kejahatan.
Kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa,” kata Imelda yang juga ketua panitia Hari Anak Nasional di Beltim.
Dalam peringatan ini dirangkaikan dengan berbagai acara. Diantaranya senam bersama, penyerahan piagam penghargaan kepada anak-anak pemenang lomba dan pembagian hadiah pemenang lomba, dialog interaktif dan dongeng bersama kak Faqih.
Sebelumnya juga sudah dilaksanakan berbagai lomba yaitu lomba celoteh, lomba hafalan doa sehari-hari, lomba melukis, webinar, lomba apresiasi kepala sekolah dan pendidik PAUD non formal.
Momen ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat, bakat dan kreativitas anak-anak di Kabupaten Beltim,” tambah Imelda.
Perihal yang sama disampaikan Bunda PAUD Beltim, Purwenda yang menyampaikan peringatan ini berguna untuk meningkatkan kesadaran semua pihak dalam memberi perlindungan serta mendorong tumbuhnya kreativitas dan inovasi di kalangan anak- anak.
Pentingnya peran keluarga dan pendidikan dalam membentuk karakter dan masa depan anak-anak,” jelas Purwenda. Tomy

Loading