Belitung Timur | Detak Media.com

Sebanyak 32 orang calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) resmi menjadi Paskibraka Kabupaten Belitung Timur usai mengikuti Upacara Pengukuhan di Auditorium Zahari MZ, Kamis (15/8/24). Seluruhnya siap bertugas saat HUT Kemerdekaan ke-79 RI.

Para putra-putri terbaik di Kabupaten Beltim ini sudah melalui rangkaian pelatihan fisik, disiplin maupun wawasan kebangsaan selama dua minggu. Sebelum pada puncaknya 17 Agustus 2024 pada Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia mereka akan mengibarkan bendera di Halaman Kantor Bupati Beltim.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Beltim, Evi Nardi menyatakan seluruh anggota Paskibraka Kabupaten Beltim sudah siap bertugas. Kondisi kesehatan, fisik dan mental seluruh Paskibraka juga sudah dipantau dan dinyatakan layak untuk bertugas. Sampai tadi pagi mereka melakukan gladi resik semua kondisi fisiknya segar.  “Selama dua minggu kita terus mendampingi mereka untuk menjalani pelatihan ini,” ungkap Evi.

Dengan kondisi saat ini, Evi optimis mereka akan dapat menjalankan tugas negaranya sebagai Paskibraka Kabupaten Beltim. Mengingat tidak ada halangan yang mereka hadapi.
Insyallah mereka semua sudah siap bertugas 17 Agustus nanti. “Kita optimis puncak peringatan HUT k-79 RI, yakni Upacara Pengibaran dan Penurunan Sangsaka Merah di Kabupaten Beltim akan berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Evi.

Terkait adanya pelarangan penggunaan jilbab di pada Upacara Pengukuhan Paskibraka, seprti yang terjadi di tingkat nasional, Evi menyatakan hal itu tidak terjadi di Kabupaten Beltim. Mengingat Kesbangpol selaku penanggung jawab Paskribaka menghormati hak-hak warga negara untuk menjalankan ibadah serta aturan yang ada di agama masing-masing.

Dari 16 Paskibraka Putri, 14 diantaranya memakai jilbab saat pengukuhan dan saat mereka akan bertugas nanti. Dua yang tidak memakai jilbab karena merupakan non muslim. Jadi apa yang kemarin viral di tingkat nasional tidak terjadi di Kabupaten Beltim,” ujar Evi.

Bupati Ucapkan Selamat Bertugas

Sementara itu Bupati Beltim, Burhanudin memberikan apresiasi atas semua yang telah diberikan oleh para pelatih paskibraka yang sudah mendidik dan melatih kekompakan, kerjasama serta menumbuhkan sikap nasionalisme dan patriotisme anggota Paskibraka Kabupaten Belitung Timur.

“Kepada orang tua dan para pelatih yang telah mendukung dan membimbing para Paskibraka, Saya ucapkan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi dan peran penting yang telah Bapak/Ibu lakukan hingga mereka bisa mampu melaksanakan tugas mengibarkan bendera dengan baik dan penuh tanggung jawab,” kata Aan sapaan Burhanudin.

Aan juga mengucapkan selamat kepada sebanyak 32 orang putra-putri terpilih, anggota Paskibraka Kabupaten Beltim yang baru saja dikukuhkan sebagai Paskibraka. Momentum dikukuhkannya ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi anggota Paskiraka beserta para orang tua/wali.

“Saya ingin mengingatkan, bahwa tanggung jawab yang diemban bukanlah hal yang kecil. Namun dengan dedikasi dan integritas saya yang dan percaya meraka mampu untuk menjalankan tugas negara. Sekali lagi selamat bertugas,” ujar Aan. (Tomy)

Loading

By redaksi