Belitung Timur | Detak Media.com

Manggar, Terhitung mulai hari besok, Selasa, 27 Agustus hingga Kamis, 29 Agustus 2024, KPU Kabupaten/ Kota dan Provinsi di seluruh Indonesia akan membuka pendaftaran bagi Calon Bupati/ Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur. KPU Kabupaten Belitung Timur (Beltim) pun menyatakan siap menerima para calon Bupati dan Wakil yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Ketua KPU Beltim, Marwansyah menyatakan selama tiga hari ke depan, KPU Kabupaten Beltim akan siap menerima pendaftaran calon. Berdasarkan informasi dari Polres Beltim setidaknya akan ada dua pasangan calon yang akan mendaftar ke KPU Beltim.

“Kalau jumlah pasti belum tahu. Kita lihat saja dalam tiga hari ke depan berapa yang akan mendaftar. Yang jelas kita sudah siap,” ujar Marwan.

Diungkapkan Marwan belum satu pun Liason Officer (LO) atau penghubung pasangan calon yang berkomunikasi dengan KPU Beltim. Hal ini lantaran parpol atau partai pengusung masih mempersiapkan operator dan admin Sistem Aplikasi Calon (Silon).

“Jadi sebelum mendaftar dan menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU mereka harus mengupload berkas ke websitenya KPU karena di situlah ada syarat pencalonan dan calon, yang salah satunya harus persetujuan DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Parpol,” jelas Marwan.

Terkait adanya perubahan persyaratan pencalonan dengan terbitnya Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60/PUU-XXII/2004 dan Nomor 70/PUU-XXII/2004, Marwan menyatakan KPU Kabupaten/Kota dan Provinsi se-Indonesia sudah menjalankan keputusan MK tersebut melalui Surat Arahan dari KPU RI.

“Sudah berubah persyaratannya tidak lagi peroleh kursi tapi suara sah saat Pemilu. Sudah kita laksanakan putusan itu,” ungkap Marwan.

Marwan menyatakan sebelumnya berdasarkan peroleh kursi di DPRD hanya satu parpol yang bisa mengajukan pasangan calon tanpa koalisi. Namun dengan adanya perubahan aturan itu, untuk di Kabupaten Beltim ada tiga parpol yang bisa yakni PDI Perjuangan, Golkar dan Partai Bulan Bintang (PBB).

“Makanya dengan adanya perubahan ini kita lihat saja nanti. Karena banyak berkas yang harus dilengkapi, kayak berkas B Pencalonan kwk, pernyataan koaliasi dan lainnya. Kalau berkasnya belum lengkap bisa kita tolak pencalonannya,” kata Marwan.

Sebelumnya Bupati Beltim Burhanudin melalui Asisten I Bidang Adminitrasi Pemerintahan, Sayono mengingatkan akan pentingnya menjaga situasi yang kondusif selama tahapan pemilihan berlangsung.

“Saya memberikan apresiasi kepada seluruh Forkopimda dan masyarakat Beltim atas apa yang telah dilaksanakan dalam memastikan proses demokrasi ini berjalan lancar, tertib dan kondusif,” kata Sayono saat Rapat Koordinasi Persiapan Penerimaan Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil di Hotel Oasis, Sabtu (24/8/24) Malam.

Lebih lanjut Sayono menyatakan ikut mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh KPU Beltim dalam mempersiapkan dan melaksanakan tahapan pemilukada dengan baik. Koordinasi yang efektif antara seluruh pemangku kepentingan sangat diperlukan agar proses pemilu dapat berlangsung dengan aman, tertib dan transparan.

“Mewakili Pemkab Beltim, saya berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya proses pemilu yang jujur dan adil di daerah kita. Saya juga menghimbau kepada seluruh jajaran pemerintah daerah, para tokoh masyarakat, serta seluruh masyarakat Belitung Timur untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung kelancaran pemilu ini,” ujar Sayono.

Menurutnya perbedaan pilihan adalah hal yang wajar dalam demokrasi, namun menjaga persatuan dan kesatuan, serta saling menghormati satu sama lain tetap harus berjalan.

“Jangan sampai perbedaan tersebut memecah belah kita sebagai masyarakat Beltim yang selama ini dikenal harmonis dan rukun. Mari kita jaga suasana kondusif, hindari segala bentuk provokasi, serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman yang ada,” ajaknya. (Tomy)

Loading