Kadis DPMPTSP Beberkan Proses Perizinan Pada Acara Ngopi Bareng Sekber Wartawan Kota Depok

Depok, Detak Media

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kota Depok Yulistiani Mochtar didampingi stafnya Rahman Kabid Perizinan dan non Perizinan dan Drajat Kasie Pelayanan, menghadiri undangan Ngopi Bareng yang diadakan Sekber Wartawan kota Depok di Ruko Arcade, No 10, GDC kota Kembang Depok, Jumat (23/08/19).

Acara Ngopi Bareng yang merupakan Icon Sekber Wartawan Depok kali ini dipandu Putra Gara dan dihadiri para Insan Pers Kota Depok.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis DPMPTSP menjelaskan optimalisasi dan peningkatan layanan perijinan di Kota Depok yang dilakukan instansinya, termasuk optimalisasi proses perizinan berbasis online guna memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai perizinan.

“Pelayanan perizinan secara online prosesnya cukup cepat, semua bisa diakses dan dilihat langsung. Kalau dokumen yang diajukan lengkap izinnya bisa keluar dalam satu hari,” jelasnya.

Yulistiani Mochtar  berharap hal ini akan membangun iklim investasi yang positif.  Dia juga menghimbau kepada masyarakat atau para investor yang ingin mengetahui lebih jelas apa saja kelengkapan yang dibutuhkan, hendaknya langsung datang ke bagian pelayanan dan menanyakan langsung dan jangan melalui calo.

“Kami akan memberikan penjelasan kepada masyarakat atau investor agar mengetahui apa apa saja yang diperlukan dalam berinvestasi agar tidak mengalami hambatan. Dan bila ingin menggunakan pihak lain dalam melakukan pengurusan, hendaknya mengerti prosesnya dan disertakan surat mandat dalam pengurusan,” paparnya.

Yulis menambahkan, sejak 2018 DPMPTSP sudah melayani sejumlah layanan yang bisa diakses secara online,  misalnya mengurus IPR, ijin usaha pariwisata, izin klinik, izin usaha pusat perbelanjaan, izin usaha toko modern, reklame, daftar gudang, izin usaha jasa konstruksi, dan izin usaha industry.

“Sebelumnya, DPMPTSP Depok sudah melaksanakan perizinan Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) secara online,” imbuhnya.

Yulis juga berharap, melalui acara Ngopi Bareng ini, program-program DPMPTSP kota Depok tersosialisasi dengan baik serta sumbang saran yang bermanfaat guna peningkatan layanan di DPMPTSP lebih maksimal, harapnya. (Ika)