Tanggamus, Detak Media.com
Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tanggamus menggelar Pangan Agung. Kegiatan tersebut dipusatkan di Taman Kota (Tamkot) Ir. Soekarno Kecamatan Kota Agung , Sabtu (21/9/2019).

Pangan Agung termasuk dalam rangkaian Festival Teluk Semaka tersebut , dihadiri oleh Bupati Tanggamus Dewi Handajani , dan Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I , Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati.

Turut hadir juga Wakil Bupati Tanggamus AM. Safii, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto , Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh Anang Hasto Utomo , serta para tokoh adat , dan jajaran Forkopimda dan organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten setempat.

Dalam sambutannya , Bupati Tanggamus Dewi Handajani meuurkan bahwa , Kabupaten Tanggamus merupakan daerah yang kaya dengan potensi wisata dan keragaman budaya. Dan melalui Festival Teluk Semaka ini , seluruh destinasti wisata yang ada perlu diperkenalkan.

Selanjutnya mengungkapkan, sebagai kabupaten yang berpotensi wisata , pihaknya tetap mengedepankan ikon ramah , amanah , tegas , dan unggul (Ratu). Serta mengedepankan pelayanan publik dan wisata yang baik.
Tanggamus salah satu kabupaten di Provinsi Lampung memilik adat istiadat pesisir yang disebut Sai Batin, di luar itu ada juga adat Pepadun di Lampung. Utuk itu , melalui festival ini harus menjadi ajang promosi wisata , agar kabupaten ini lebih dikenal secara luas , baik didalam negri maupun mancanegara,,jelasnya

Sedangkan menurut Dessy Ruhati Asisten Deputi Kementerian Pariwisata manyampaikan bahwa , Kabupaten Tanggamus memiliki destinasti wisata dan potensi yang sangat besar , bahkan bisa dimasukkan dalam calender of event wisata di Lampung.

Untuk itu , pihaknya menyambut dan mendukung Festival Teluk Semaka tersebut. Karena sesuai data yang masuk , kunjungan di provinsi Lampung lebih dari 169 ribu selama tahun 2019 , dan salah satu kunjungan tersebut ke Kabupaten Tanggamus.

Kami dari pusat menetapkan 100 calender of event secara nasional dan di dalamnya baru ada dua dari Lampung yakni Surving Krui dan Festival Krakatau. Jadi masih terbuka bagi Kabupaten Tanggamus bisa masuk dalam calender of event ini,” katanya.

Dessy menambahkan , agar bisa masuk dalam calender of event , pemkab tanggamus perlu memenuhi persyaratan , yaitu cultural values , commercial values , creative values dan CEO commitment.

Festival Teluk Semaka ini perlu diadakan secara kesinambungan, kemudian dilakukan pengembangan kualitas wisata , akomodasi, investasi dan lainnya , agar bisa masuk dalam 100 calender of event,”ucapnya

Dari itu juga Kadis Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Tanggamus Retno Noviana menjelaskan , kegiatan Pangan Agung ini sebagai salah satu upaya pemerintah setempat dalam pelestarian budaya , yang memiliki arti makan bersama dalam sebuah kegiatan besar atau hajatan.

Mengenalkan selain potensi wisata , kami juga mengadakan kegiatan budaya, dalam rangka pelestarian budaya daerah , Seperti salah satunya Pangan Agung ini , yang memang kita masukan didalam rangkaian kegiatan Festival Teluk Semaka ini,” ujarnya. (Masri.SP)

Loading

By redaksi