Wali Kota Tanjungbalai Resmikan dan Sholat Perdana di Masjid Nurul Huda Kelurahan Sijambi

Tanjungbalai, Detak Media.com

Masjid Nurul Huda yang terletak di Jalan Adam Malik, Lk III Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai resmi menjadi salah satu masjid di kota Tanjungbalai. Masjid tersebut di resmikan langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH sekaligus melaksanakan Shalat Jumat Perdana di tempat ibadah yang sudah berstatus masjid dimana sebelumnya adalah Musholla, (Jumat, 03/01/2020).

Wali Kota H.M Syahrial mengatakan Peresmian Masjid Nurul Huda ini karena proses Administrasi dan perizinan sudah terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag) dan Pemerintah Kota Tanjungbalai sendiri.

“Masjid Nurul Huda ini sudah bisa di lakukan untuk melaksanakan Shalat Jumat dan ibadah lainnya,” sebut Wali Kota.

Wali Kota H.M Syahrial berharap, setelah di resmikan ini, Masjid Nurul Huda lebih meningkatkan fungsinya agar jamaahnya lebih ramai lagi untuk sholat. Selanjutnya, masjid ini juga harus menggalakkan taklim (pembelajaran) untuk anak-anak.

“Fungsi masjid selain tempat ibadah ialah sebagai taklim (pembelajaran) anak-anak kita yang menjadi pusat perhatian untuk pengembangan akhlak,” tuturnya.

Selanjutnya, Wali Kota mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama, Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam. Masjid bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah sholat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam.

“Seiring dengan pertumbuhan Masjid dan tantangan perubahan jaman yang semakin cepat, pengelolaan Masjid menuntut manajemen yang baik. Manajemen atau pengelolaan yang baik itu, diperlukan untuk mewujudkan kemakmuran Masjid,” ungkapnya.

“Kemakmuran sebuah Masjid, tergantung pada bagaimana mengelola dan mendayagunakan masjid dengan sebaik-baiknya. Kepengurusan masjid harus seia sekata, sependapat, satu pemikiran sehingga tetap terjaga kelanggengan antar jamaah,” sebut Wali Kota H.M Syahrial

Selain itu, Menurut Wali Kota, masjid juga memiliki fungsi sosial, yang mana dapat selaras dengan program-program Pemerintah Kota Tanjungbalai yang bekerja sama dengan Kemenag dan lembaga lainnya untuk mengembangkan program keagamaan yang tentunya dalam mempererat ukhuwah islamiah

Sementara itu, Ketua Masjid Nurul Huda, Sutiyono menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kota Tanjungbalai khususnya Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial yang hadir langsung meresmikan Masjid Nurul Huda dan Sholat bersama.

Sebelumnya, Wali Kota H.M Syahrial melaksanakan sholat Jumat perdana bersama jamaah Masjid Nurul Huda sekaligus makan siang bersama.

Turut hadir Sekdakot Yusmada SH,M.A.P, Para Kepala OPD, Camat Datuk Bandar Timur Abu Said, Kapolsek Datuk Bandar serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Sijambi.(SR)