Seni BudayaSumatera Utara

Misteri Selasa Kliwon Yang Penuh Mistis dan Sakral Didesa Ketawang Gondang Nganjuk

Nganjuk,Deta Mmedia.com

Sebagai tanda wujud syukur pemerintahan Desa Ketawang Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk diwujudkan dengan acara bersih desa atau sedekah bumi ketawang (08/06/21).

Acara yang dilaksanakan dirumah kepala desa ketawang dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan, sebelumnya warga membawa tumpengan ke kuburan dilanjut ke rumah kepala desa ketawang.

Kepala Desa Ketawang Iswantoro ketika ditemui awak media mengatakan, bahwa acara tersebut sudah menjadi tradisi Selasa Kliwon. Sesudah memanen hasil bumi masyarakat melaksanakan tradisi sedekah bumi atau bersih desa yang pada umumnya dikenal dengan nyadran,” ujar Iswantoro.

Kenapa harus selasa kliwon?, iswantoro menjelaskan kepada awak media, dulu cikal bakal yang babat desa ketawang eyang Singo Pati selalu melaksanakan syukuran setiap habis panen dan bertepatan dengan hari selasa kliwon hingga tradisi tersebut turun temurun sampai sekarang,” terangnya.

Sesepuh Desa Ketawang Sungkono, membenarkan apa yang dikatakan Kepala Desa Ketawang Iswantoro, kalau kita disini hanya meneruskan tradisi yang sudah ada dan sudah menjadi kewajiban kami untuk nguri – nguri budoyo jowo (melestarikan budaya jawa),” jelasnya.

Menurut mitos masyarakat desa ketawang yakin dengan mengadakan sedekah bumi panen mereka akan lebih melimpah ruah karena merasa mendapat restu dari yang mengku desa dalam bahasa jawa dikenal dengan Danyang.

Kepala Desa Ketawang pun berharap kepada warganya agar tetap melaksanakan tradisi leluhur walau dimasa pandemi dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehata. (Widodo)

 

 

Editor : Admin

Loading