Pembangunan Saluran Air Pasok Kolam Benih Ikan Dinas Perikanan Di Kotaagung Diduga Asal Jadi

Tanggamus, Detak Media.com

Kegiatan pekerjaan Proyek pembangunan saluran Air Pasok Dan Buang dinas Prikanan dan kelautan di Kelurahan Kuripan Kecamatan Kota Agung Pusat Kabupaten Tanggamus yang Bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Tahun 2021 Senilai Rp. 59,276,900.00. Diduga asal jadi.

Dalam pekerjaan pelaksanaannya yang dikerjakan oleh CV. Maju Mandiri, selaku rekanan Diduga asal jadi, dan terlihat acak-acakan.

Pasalnya, Is selaku pekerja tunggu di kolam benih ikan Kotaagung mengatakan, Ia menyebut pembangunan tersebut tidak sesuai dengan rencana awal pembangunan (RAP), dan  pengerjaan itu dari bulan puasa dan baru jadi bulan kemaren ini.

“Soalnya kata pemborongnya dananya engak cair dari Dinas Perikanan, dan pengerjaannya terlalu miring jadi untuk membagi air kekolam-kolam susah. Harusnya bangunan nya rata biar airnya terbagi kekolam yang lainnya juga. Yaa liat aja kerjaannya acak-acakan seperti itu,” Jelas nya Is, (07/07/2021).

Lain lagi menurut salah satu pekerja yang tidak mau di sebutkan namanya menuturkan, kegiatan pekerjaan tersebut yang di mulai pada bulan April 2021 lalu Oleh CV. Mandiri Maju untuk ukuran pondasi bawah sangat tidak sesuai kontruksi. Pemasangan Pembangunan menurutnya, air yang akan mengaliri kolam tidak bisa mengaliri masuk ke penampungan Kolam.

“Kemaren makannya saya protes karena belum efektif karena kata mereka pemasangan ini berdasarkan RAP. Tapi sebelumnya saya tanya dan saya tegur tapi kata Ridwan selaku kepala Bidang Tangkap sebelum nya kasi Budi daya, enggak ada RAP, Rapan,” Katanya menirukan suara Ridwan

Katanya lagi, peralatan untuk pipa salurannya saja kurang bagus dan sudah ada yang rusak atau pecah, lebih engak pasnya lagi pada saat pengerjaan kegiatan pemasangan itu di waktu magrib dan gelap di malam hari,” tuturnya

Dengan adanya permasalahan pekerjaan ini, Disinyalir pengawasan untuk pekerjaan Saluran air kolam benih perikanan dari Dinas terkait tidak maksimal, dan Di khawatirkan, apa yang sudah di bangun akan cepat hancur.

Tak sampai di situ, atas keterangan yang di dapat awak media ini, selanjutnya mencoba konfirmasi dengan Ridwan Kepala Bidang Tangkap Dinas Perikanan melalui via WhatsApp seluler mengatakan, “masalahnya apa bang?? saya masih sakit nanti rekanannya yang hubungi sampean, kayaknya sampaean ini ..ini amat sama Dinas perikanan ..nggak ada bener-benernya, “Ujarnya Kepala Bidang Tangkap Dinas Prikanan. (07/07/2021)

Sampai dengan berita di turunkan, pihak pelaksana belum bisa dikonfirmasi dan kami minta kepada pihak Dinas terkait di Kabupaten Tanggamus supaya bisa menindak lanjuti secara tegas, apa bila kegiatan pekerjaan yang memakan dana Negara yang bersumber dari Dana Anggaran Khusus (DAK) Jika Menyalahi aturan. (Masri Sp)

 

Editor: Admin