Kades Cipeucang Kec Cileungsi Bangun Pagar Dan Pendopo Kantor Desa Di Masa Pandemi

Kab Bogor, Detak Media.com

Di masa Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir, ternyata tidak menyurutkan semangat Pemerintah Desa (Pemdes) Cipeucang Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor untuk berbenah membangun lingkungan Kantor Desa.

Hal ini tampak dari pantauan awak media saat menyambangi Kantor Desa Cipeucang, Kamis/19/8/2021. Beberapa orang pekerja sedang menyelesaikan pembangunan pagar tinggal proses finishing, pengecatan dan melengkapi ornament unutk mempercantik pagar Kantor Desa tersebut.

“Kantor desa harus mempunyai ciri khas sebagai cermin wibawa pemerintahan, nanti di depan gapura pintu masuk akan saya buat ornamen kujang dari stainless, tinggal cari donaturnya, karena dana yang kita punya adalah swadaya,” kata Kades Gopur Atmajaya dengan optimis.

Selain finishing pagar, saat bersamaan juga lagi dikerjakan pondasi Aula Desa nantinya berupa pendopo dengan ukuran 6 m x 8 m. Kepala Desa Cipeucang Gopur Atmaja menuturkan latar belakang pembangunan Aula tersebut dengan menyatakan pihaknya juga membutuhkan tempat untuk pertemuan dengan warga atau perangkat Desa yang representatif dan memadai.”

“Warga harus merasa nyaman ketika datang dan ada kegiatan di Desa, nanti bangunan berupa pendopo 6 m x 8 m dengan terasnya hampir 100 meter persegi dan terbuka biar lebih nyaman dengan ketinggian tembok kira kira 1 meter an, sehingga tidak perlu lagi menyewa tenda bila ada kegiatan Desa”. Ungkap Gopur dengan semangat.

Terkait isu kepemilikan lahan, Kades Gopur, merasa tidak ada masalah karena lahan Kantor Desa merupakan lahan Fasum/ fasilitas umum dari Perumahan Bukit Putra dan telah dilaporkan/diserahkan menjadi aset Pemkab Bogor.

Seorang tamu yang berkunjung ke Kantor Desa bernama Silaen mengatakan kekagumannya. “Saya kagum dengan perubahan pembangunan yang ada saat ini. Di masa pandemi, Kades masih bisa memikirkan pembangunan Desa secara swadaya, bahkan ini mungkin salah satu kantor Desa yang mempunyai ruang dapur tersendiri, yang seperti bapak Kades katakan, minimal tamu dapat minum’ ungkapnya dengan mimik serius

Jika dirasakan pembangunan Aula ini berdampak berkurangnya tempat parkir kendaraan pengunjung kantor Desa, Kades Gopur juga telah memikirkannya tetapi karena menyangkut pendanaannya, jadi dikerjakan satu persatu

“Kita masih mempunyai lahan disebelah kurang lebih 1000 m2, kedepannya selain tempat parkir, kita akan membangun gedung serbaguna 2 lantai, yang bawah sekaligus berfungsi untuk parkiran, lantai atas untuk ruangan serbaguna yang bisa dimanfaatkan warga misal untuk hajatan dll. Kita akan wujudkan satu persatu, tapi saat ini fokus pagar sama Aula Pendopo dulu,” pungkas Gopur dengan nada optimis. (Gultom)

 

Editor: Admin

Loading