TNI AL Koarmada I Kembali Selenggarakan Vaksinasi Dosis Pertama Di Ponpes Riyadhul Huda Ciangsana Bogor

Kab. Bogor, Detak Media.com

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) Koarmada I, untuk kesekian kalinya dalam 3 bulan terakhir ini aktif menyelenggarakan serbuan vaksinasi, kali ini menyasar para santri juga beberapa orang pengasuh Ponpes Riyadhul Huda yang terletak di Kp Babakan Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Jumat 27/8/2021.

Didampingi oleh Kepala Puskesmas Ciangsana dr. Lisca Sari, Koarmada I TNI AL menargetkan 600 orang untuk pemberian vaksin sinovac dosis pertama, untuk anak anak Ponpes umur 12 tahun keatas dikerjakan kurang lebih 50 orang tenaga kesehatan vaksinator dan tenaga admin. Kegiatan ini juga dipantau langsung oleh Kepala Desa Ciangsana, Udin Saputra SH, didampingi Sekdes, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Ciangsana.

Kepada awak media, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Koarmada I Kolonel Laut (K) dr. Hengky Setyahadi menjelaskan: bahwa vaksinasi ini adalah perintah pimpinan dari Komando Utama untuk melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi di wilayah sepertiga dari armada barat, meliputi pangkalan-pangkalan dan pulau-pulau, dengan mengerahkan KRI untuk pelaksanaan vaksinasi di tengah laut.

“Untuk di daratan Koarmada 1 TNI AL Armada memfokuskan pemberian vaksin terutama untuk masyarakat maritim, tempat-tempat sosial dan pesantren,” lanjut dr. Hengky.

Kadiskes Koarmada I ini juga menyampaikan bahwa pihaknya tidak ada kendala mengenai ketersediaan vaksin, karena vaksin berasal dari Dinkes setempat dan TNI, ini bisa diatasi karena Koarmada I telah membuat perencanaan dan program sebelum pelaksanaan. “Kami berharap, sesuai dengan harapan pemerintah juga bahwa ditargetkan masyarakat Indonesia lebih dari 80 % harus divaksin,” jelas dr. Hengky.

Sementara itu ditempat yang sama Kades Ciangsana Udin Saputra menyatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi kali ini merupakan yang pertama yang menyasar anak usia sekolah yakni 12 tahun ke atas, sebelumnya untuk kalangan orang dewasa.

“Terus terang, kita merasa beruntung dan berkah tersendiri, di wilayah kita ada beberapa perumahan TNI AL, masyarakat dapat merasakan dampak perhatian dan Bhakti TNI AL,” tutur Udin Saputra yang dikenal ramah dan akrab dengan awak media.

Udin Saputra menyampaikan apresiasinya kepada jajaran TNI AL Koarmada I, yang telah melaksanakan tugas mulia tersebut. “Harapannya pandemi Covid-19 ini segera punah dari muka bumi ini, sehingga kita bebas beraktifitas menjalani kehidupan secara normal,” pungkasnya. (Gultom)

 

Editor : Admin