Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Warganya, Pemdes Cikeas Udik Kec Gunung Putri, Beli Mobil Ambulance

Kab. Bogor, Detakmedia.com

Minimnya fasilitas dan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan Rumah Sakit (RS) dan fasilitas kesehatan lainnya masih menjadi persoalan yang umum dirasakan masyarakat.

Hal ini menjadi perhatian Pemdes Cikeas Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, sehingga dirasakan penting untuk menghadirkan fasilitas penunjang kesehatan yakni Mobil Ambulance, seperti tampak pada pantauan awak media, Kamis 9/9/2021 di halaman Kantor Desa Cikeas Udik.

Sekdes Cikeas Udik Imam Artha Kusuma, SKom kepada awak media menjelaskan, ikwal pengadaan mobil ambulance tersebut. “Mengingat fasiltas penunjang kesehatan masyarakat dirasakan masih minim, dan perwujudan salah satu visi misi Kepala Desa Cikeas Udik, meningkatkan pelayanan akses kesehatan masyarakat, maka salah satu wujudnya ya mobil ambulance ini dan baru hadir semingguan lalu, masih plat profit,” ujar Imam diawal perbincangan.

Imam menambahkan, Pemdes Cikeas Udik menggratiskan penggunaan mobil ambulance ini kepada warganya yang butuh pertolongan kendaraan menuju Rumah Sakit ataupun faskes lainnya. “Gratis alias free untuk warga kita yang menggunakannya. Alhamdulillah mobil ambulance ini dibeli dari vendor seharga Rp 265 Juta, sumber anggarannya dari Dana Desa, telah dilengkapi juga fasilitas P3K, serta pertolongan darurat untuk pasien seperti oksigen dan lainnya,” Ungkap Imam.

Sementara itu, Bonan Suryana, operator mobil ambulance menyatakan dirinya telah dua kali menolong membawa warga yang sakit dan mau melahirkan ke Rumah Sakit pasca kedatangan mobil ambulance ini semingguan lalu. “Saya yang tahu operasional perlengkapan didalam mobil ambulance ini, jadi saya harus selalu siap,” ujar Bonan dengan semangat.

Ditempat yang sama, Jaya Laksana selaku Ketua BPD Cikeas Udik menyatakan apresiasi dan sangat positif, kepada Kepala Desa atau PemDes Cikeas Udik yang telah mengalokasikan dana untuk pembelian mobil ambulance ini. “Mudah-mudahan bermanfaat bagi warga, dan berharap mobil ambulance ini dirawat sebaik mungkin agar bermanfaat selama mungkin,” pungkas Jaya. (Gultom)

 

Editor : Admin