Faskes Jejaring Puskesmas Cileungsi Gelar Sentra Vaksinasi Massal 2000 Orang Di Metropolitan Mall Cileungsi (MMC)

Kab.Bogor, Dtakmedia.com

Management MMC-Metropolitan Mall Cileungsi yang terletak di Jl. Transyogi Metland Cileungsi, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor kembali memfasilitasi Faskes Jejaring Puskesmas Cileungsi menggelar sentra vaksinasi Covid-19 massal 2000 orang yang diprakarsai oleh Asosiasi Klinik Indonesia (Asklin) berkolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dinkes Kabupaten Bogor serta Satgas Covid-19 Kecamatan Cileungsi, Sabtu 11/9/2021.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) secara masif mengajak dokter-dokter baik yang praktek secara mandiri maupun di klinik swasta untuk ikut berperan dan berpartisipasi dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor.

Dihadiri langsung oleh wakil Ketua IDI Kabupaten Bogor, dr. Ninik Setya, M.Far.,M.Bio Media AAM, Sp.KKLP, sekaligus menjabat Ketua pelaksana perhelatan vaksinasi tersebut kepada awak media menyatakan optimismenya dapat mencapai target vaksinasi sebanyak 2000 orang pada hari ini.

“Kita sudah siapkan rencana A dan B, untuk vaksinasi kali ini yang mendaftar secara online sebanyak 5.200 orang pasca pendaftaran dibuka sekitar 3 jam, langsung ditutup karena kuota vaksinnya hanya 2000 vaksin, lalu sesuai arahan Ibu Bupati diprioritaskan untuk warga dan berdomisili di Kabupaten Bogor, untuk itu kami menyeleksi hanya mengundang 2000 orang untuk mendaftar ulang, kita juga harus realistis sesuai ketersediaan vaksinnya, dan vaksin yang disuntikkan pfizer,” ungkap Ninik.

Ninik menambahkan, jika 2000 orang yang diundang tidak datang memenuhi hari ini. kuota yang lebih akan diberikan keesokan hari melalui jaringan mitra Asklin, warganya akan diundang tetapi juga bisa dikondisikan dari keluarga yang terlibat dalam kegiatan Vaksinasi hari ini seperti keluarga polisi, ASN dan lainnya untuk menuntaskan kuota tersebut.

dr Ninik sebagai ketua pelaksana secara langsung aktif memantau dan memberikan pengarahan dengan pengeras suara kepada setiap kelompok orang yang sudah divaksin.

“Bagi yang sudah divaksin tunggu 15 menit dan tidak perlu menunggu sertifat vaksinnya, karena bisa diunduh nanti. Kalau bapak ibu dan saudara setelah 15 menit tidak mengalami gejala yang serius silahkan boleh meninggalkan tempat ini dan tetap menjaga prokes,” pungkas Ninik.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Bogor Drg. Mike Katarina, MARS disela sela monitoring vaksinasi menyatakan terkait dengan target 20 % masyarakat di Kabupaten Bogor sudah divaksinasi menjelaskan capaiannya.

“Sampai saat ini memang baru mencapai 16,7 %, memang masih jauh, makanya doakan ya, kita harus bergerak bersama seperti ini Mall baik sudah membantu, ada dari juga dari Masjid, Gereja, pokoknya semua dilibatkan,” ujarnya.

Sementara Kepala UPT Puskesmas Cileungsi dr Faraitody Itamy turut hadir dan memantau jalannya kegiatan vaksinasi mengatakan mendukung dan mensupport kegiatan vaksinasi tersebut. “Ini acaranya Asklin, kita dari Puskesmas mensupport,” ujarnya singkat.

Salah satu dari Asosiasi Klinik Indonesia, pendukung kegiatan ini, Klinik Al- Qomar Ruko Permata Cibubur yakni dr Hendro membenarkan pihaknya diundang IDI Kabupaten Bogor untuk berpartisipasi.

“Iya, kami diundang tapi tentu kami juga ikut senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi ini supaya segera tercapai kekebalan komunal/herd immunity di masyarakat,” ujar Hendro.

Kegiatan vaksinasi yang digelar sejak pagi sampai siang hari tersebut berjalan sangat kondusif yang juga dihadiri antara lain, Dari Manajemen MMC H.Jaelani, Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan Cileungsi Ratna, pengamanan dikordinasikan Kanit Binmas Polsek Cileungsi, AKP Denden Sukmara , Panit Reskrim Ipda Parlaungan dan beberapa anggota Bhabinkamtibmas seperti Aipda H. Usman dan Aiptu Mulyanto, Babinsa Cileungsi Kidul Peltu Edi Nuryo. (Gultom/BJS)

 

Edidor : Admin

Loading