Faskes Jejaring Puskesmas Cileungsi Kembali Gelar Sentra Vaksinasi Massal Dosis 2 Di Metropolitan Mall Cileungsi (MMC)

BOGOR | Detakmedia.com

Faskes Jejaring Puskesmas Cileungsi yang dimotori Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan Asosiasi Klinik Indonesia (Asklin) juga dengan Dinkes Kabupaten Bogor serta Satgas Covid-19 Kecamatan Cileungsi, kembali menggelar sentra vaksinasi massal Dosis 2, di MMC-Metropolitan Mall Cileungsi yang terletak di Jl Transyogi Metland Cileungsi, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, Sabtu (2/10/2021).

Wakil Ketua IDI Kabupaten Bogor, dr. Ninik Setya, M.Far.,M.Bio Media AAM, Sp.KKLP, sekaligus Kabid Kerjasama Antar Lembaga Asklin Kabupaten Bogor secara masif mengajak para dokter, baik dokter praktek mandiri, maupun Klinik swasta untuk ikut berperan dan berpartisipasi dalam program Pemerintah khususnya dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Cileungsi dan umumnya di Kabupaten Bogor.

Hal ini diutarakan dr Ninik kepada awak media, disela sela memimpin, memonitor secara langsung kegiatan vaksinasi dosis 2 , vaksin jenis pfizer, sebagai kelanjutan vaksinasi dosis 1 tanggal 11 September 2021 lalu tersebut, disertai dengan rasa optimisme dan keyakinan bahwa kegiatan vaksinasi kedua ini pun dapat berjalan dengan baik, lancar dan kondusif.

“Ada 1.863 orang yang tervaksin Dosis 1 dari target 2000 orang tempo hari, dan hari ini untuk Dosis 2 tetap ditargetkan 1.800 an, tetapi estimasi kita dikisaran 1.300 orang, karena sebagian mereka sudah ikut divaksin di klinik atau ditempat lain,” ungkap dr Ninik yang juga sebagai Ketua Panitia pelaksana kegiatan vaksinasi ini.

Ninik menambahkan ada kecenderungan hari hari ini peserta vaksinasi tidak memenuhi target, hal itu bisa dimaklumi dikarenakan begitu masifnya tempat pelaksanaan sentra vaksinasi diberbagai tempat, sebab Pemerintah melibatkan semua lembaga termasuk TNI dan Polri dan unsur kemasyarakatan dan juga swasta dan perusahaan melakukan hal yang sama.

“Hal ini tentu kita sambut positif demi segera tercapainya kekebalan komunal (herd immunity) dan target pemerintah untuk mengatasi dan memutus penyebaran Covid-19 ini. Dari kacamata IDI Kabupaten Bogor , progres warga tervaksin tentu sudah meningkat tajam, walaupun peserta vaksin disuatu tempat trend nya menurun,

Untuk data vaksinasi semisal satu Kecamatan perlu ada sinkronisasi data. Warga Kecamatan Cileungsi bisa aja ikut vaksinasi di Jakarta, belum lagi warga yang ikut vaksinasi di perusahaan tempatnya bekerja,” jelas dr Ninik yang selama pelaksanaan vaksinasi tahap 1 dan 2 tampil sebagai MC, sangat komunikatif, baik dengan jajaran panitia dan peserta vaksinasi.

Salah satu Dokter Praktek Mandiri di Cileungsi pendukung Jaringan Faskes sebagai pelaksana kegiatan vaksinasi massal dari tahap 1 dan tahap 2 yakni dr Edrizal yang sangat familiar dikalangan masyarakat Cileungsi dan sekitarnya, menyatakan dirinya sangat mendukung kegiatan ini dan juga menempatkan 3 orang stafnya terjun langsung pada pelaksanaan vaksinasi ini.

“Ini daerah kita, hidup dan cari makan di Cileungsi, tentunya sangat mendukung dan senang ikut membantu, karena klo nggak saya bisa dimarahin dr Ninik nanti,” ujar dr Edrizal berkelakar saat bincang dengan awak media dan juga dr Ninik

Akhir pantauan awak media di lokasi, kegiatan vaksinasi berlangsung dengan baik, lancar, nyaman dan kondusif, tempat yang luas dan sejuk yang disediakan management MMC-Metropolitan Mall Cileungsi sangat mendukung nyamannya kegiatan tersebut.

Beberapa orang Volunteer dari siswa-siswi SMK Metland School Cileungsi dengan baju batik (Disesuaikan karena hari ini adalah hari batik Nasional), juga tampak antusias membantu mengarahkan aliran peserta vaksinasi.

“Bapak-Ibu, Saudara, Adek yang setelah 10 – 15 menit menunggu tidak mengalami keluhan, silahkan meninggalkan tempat ini, selalu patuhi Prokes dan jaga kesehatannya” pungkas dr Ninik dengan lembut melalui pengeras suara, juga menambah lancarnya aliran peserta vaksinasi. (Gultom)

 

Editor : Admin