Pemkab Beltim Bekerja Sama dengan KP2KP Gelar Bimtek Pembuatan Bukti Potong Bagi Bendahara Perangkat Daerah

Belitung Timur, Detak media.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) bekerja sama dengan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Manggar melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Bukti Potong 1721 A1/A2, Senin (17/1), di Auditorium Zahari MZ.

Kegiatan bimtek ini dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Beltim Khaidir Lutfi, Kepala KP2KP Manggar Edi Purwanto dan para Bendahara seluruh Perangkat Daerah Pemkab Beltim selaku peserta bimtek Pembuatan Bukti Potong 1721 A1/A2.

Kegiatan ini berguna memberikan pemahaman kepada para Bendahara seluruh Perangkat Daerah Pemkab Beltim tentang Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) dan pengisian SPT Unifikasi melalui aplikasi e-Bupot yang akan mempermudah dalam pengelolaan pajak-pajak pusat di daerah dan pengisian Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) masa PPh pasal 21 serta bukti pemotongan PPh pasal 21 sehingga diharapkan tingkat kepatuhan SPT tahunan PPh orang pribadi menjadi meningkat.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengapresiasi dengan baik kegiatan bimtek ini. Kita ketahui bahwa pembayaran pajak baik pajak pusat maupun daerah merupakan salah satu sumber pedapatan daerah sehingga memiliki fungsi strategis dan penting dalam keberlangsungan pembangunan daerah guna menjamin kesejahteraan masyarakat,” katanya membacakan sambutan dari Sekretaris Daerah Belitung timur.

Bimtek ini akan diselenggarakan selama tiga hari dimulai hari Senin (17/1/2022) sampai dengan hari Rabu (19/1/2022). Adapun rangkaian acara pada hari pertama yaitu Bimtek bagi Bendahara Perangkat Daerah dan Pemerintah Desa. Hari kedua, bimtek bagi Bumdes, Koperasi dan Rekanan. Hari ketiga, bimtek bagi Perusahaan swasta baik itu perusahaan tambang maupun perusahaan kelapa sawit.

Khaidir Lutfi juga menghimbau kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti acara dengan baik. “Saya harap rekan-rekan Bendahara dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan jangan segan-segan untuk bertanya terkait persoalan-persoalan perpajakan,” tambahnya.

Kepala KP2KP Manggar, Edi Purwanto menjelaskan tujuan dan harapan diadakannya bimtek yang diselenggarakan oleh pihaknya.

“Tujuannya ingin memberikan pelatihan dan pembuatan formulir A1/A2 pada para bendaharawan yang nantinya teman-teman bendaharawan diharapkan dapat membuat formulir A1/A2 dan memberikannya pada pegawai ASN bulan ini sehingga bisa dilaporkan oleh pegawai tersebut bulan depan dengan harapan tidak ada pegawai ASN yang terlambat dalam melaporkan SPT nya,” jelas Edi.

Harapan kami para bendahara ini bisa menjadi mitra kami untuk menyelesaikan SPT para ASN di instansinya masing-masing.” pungkasnya. (Tomy)