PemerintahanSumatera Utara

Pokdarwis Desa Bangunsari Kecamatan Pamarican Resmikan Jalan Cinta

Ciamis,detakmedia.com – Bentuk penguatan ekonomi kemasyarakatan desa bangunsari dengan konsef agrowisata areal pertanian “jalan cinta” acara yang diresmikan dilokasi pertanian (20/01).

Acara yang dihadiri oleh Pokdarwis, pemerintah desa bangunsari beserta perwakilan kecamatan dengan unsur BPD desa bangunsari.

Saat mengkonfirmasi kepala desa bangunsari, Subhan Hadi Suroso menyampaikan terhadap detakmedia.com bahwasannya hari ini peresmian Agro Wisata Jalan Cinta yang terletak di perbatasan dusun kubangpari Rt 09/01 dengan dusun karangsari RT 04/01.

“Areal ini adalah areal pertanian dengan jalan lurus, kenapa pemerintah desa mengembangkan ini sebagai agro wisata?

Secara berkesinambungan dari zaman dulu pada suasana sore dilokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh remaja saat santai pada sore hari untuk sekedar jogging sore hari.

Bukan hanya itu jika sudah menginjak bulan suci ramadhan lokasi ini sangatlah strategis untuk jalan sore menunggu waktu buka puasa.

Selain mengkonsef tata letak agar lebih indah desa bangunsari berharap dengan dibangunnya agro wisata jalan cinta ini dapat menjadi solusi penguatan ekonomi kemasyarakatan untuk masa yang akan datang.

Sehingga masyarakat dapat menciptakan peluang dengan pendapatan dari agrowisata dengan memunculkan hasil kreasi baik produk sebagai buah tangan pengunjung,memberikan rasa nyaman sehingga pengunjung dapat berkunjung kembali.

Semoga hal inj dapat terlaksana dengan pengalokasian pembangunan lanjutan dengan wacana dikisaran Rp.100.000.000,- untuk pembangunan penunjang,” pumgkasnya.

Saat mengkonfirmasi ketua BPD desa Bangunsari, H. Dadang SH menyampaikan bahwa untuk apa yang dilaksanakan oleh desa saat ini sangat diapresiasi sekali.

Bila perlu untuk wisata kulinernya nanti tidak ada pedagang dari luar desa bangunsari sehingga sesuai dengan tujuan awal.

Selain itu bagi masyarakat secara luas kami dari pemerintahan desa bangunsari akan mengadakan lomba DED dan setplan untuk pembangunan lanjutan areal agro wisata ini dengan hadiah insya allah nanti disiapkan oleh panitia pokdarwis.

Jadi yang memang menguasai dalam bidang teknis dan konsef tata ruang dapat mengikuti kompetisi ini.

Harapan dari apa yang saat ini sedang dirintis agar dapat mewujudkan desa mandiri dengan penguatan ekonomi kemasyarakatan yang dominan,” pungkasnya.

Tidak jauh berbeda statment yang ditambahkan Camat Pamarican melalui kasi kepemerintahannya, beliau menyampaikan untuk penguatan ekonomi kemasyarakatan lebih kepada inovasi tiada henti,selain itu apa yang dijadikan pengembangan dapat memanfaatkan sumberdaya yang ada dan kreatifitas yang ditonjolkan.

Harapan semoga desa bangunsari dapat mewujudkan penguatan ekonomi kemasyarakatan yang mumpuni dan masyarakat dengan adanya agro wisata dapat tertopang dalam roda perekonomiannya untuk kelangsungan hidup,” pungkasnya. (Suryatno)