Usai Sholat Jum’at, Masyarakat Dusun V Desa Ambalutu Panik Gegara Sebuah Rumah Terbakar

Asahan-Detak Media.com

Satu unit rumah ukuran 6×8 meter di dusun V Desa Ambalutu, Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, tanpa diketahui dengan pasti penyebabnya tiba-tiba ludes dilahap oleh si jago merah, pada hari Jum’at (11/02/2022) pukul : 13.35 WIB.

Warga sekitar sempat panik, sebab hembusan angin yang membawa kobaran api sempat menyambar rumah yang berada  disebelahnya, syukurnya Warga sekitar cepat bertindak dengan sigap, dengan peralatan seadanya api bisa dipadamkan, sehingga tidak sempat melebar terlalu jauh,  namun rumah yang bangunannya dari papan sudah ludes terbakar.

Berdasarkan pantauan awak media dilokasi kejadian, diperoleh informasi jika rumah yang terbakar ludes tersebut bangunannya dari papan, sehingga api dengan cepat melahapnya hingga ludes rata dengan tanah, dan berdasarkan informasi dari warga setempat, rumah yang habis terbakar tersebut milik dari sdr. Suratmin alias Ku’at (51), yang kesehariannya bekerja sebagai karyawan kebun di PTPN3.

Sedangkan rumah disebelahnya yang ikut tersambar dari percikan api, ternyata juga milik dari sdr. Suratmin alias Ku’at, yang terakhir diketahui jika rumah yang ludes terbakar tersebut ternyata sudah tidak ditempati lagi karena sdr. Suratmin sudah membangun rumah disebelahnya, sedangkan rumah yang ludes terbakar tersebut dijadikan sebagai gudang untuk tempat penyimpanan barang-barang bekas milik sdr. Suratmin alias Ku’at.

Di lokasi kejadian kebakaran terlihat Petugas Pemadam kebakaran, dan didapat informasi jika Petugas Damkar sampai dilokasi sekitar pukul : 14:55 WIB, 48 menit setelah Petugas mendapat informasi dari Camat Buntu Pane pada pukul : 14:07 WIB, Petugas langsung segera menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), sampai dilokasi Petugas Damkar segera melakukan penyemprotan pendingin untuk daerah yang terbakar, dan memeriksa bangunan sebelah  yang sempat ikut tersambar api dan memastikan tidak ada titik api lagi dilokasi kejadian kebakaran.

Dari informasi Petugas Pemadam kebakaran (Damkar) Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut, sedangkan untuk angka kerugian yang dialami oleh pemilik rumah, sdr. Suratmin alias Ku’at tidak bisa menyebutkan, mengingat menurut sdr. Suratmin barang-barang yang ada didalam rumah lamanya yang ikut terbakar adalah barang-barang bekas. (Supri Agus).