Kapolsek dan Kasie Ekbang Kec Pataruman Hadiri Musrenbangkel Kelurahan Pataruman

Banjar | Detakmedia.com

Kelurahan pataruman laksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) kelurahan pataruman yang dihadiri oleh Kapolsek Pataruman AKP Hadi Sunarso S.sos dan Kasie Ekbang Kecamatan Dicky Supriatna S.sos berlokasi di aula kelurahan jum’at (23 september 22).

Pertemuan tersebut dibuka oleh kasie ekbang kecamatan pataruman, Dicky Supriatna S.sos yang menyampaikan Pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang dilakukan untuk mencapai suatu kondisi ideal yang kita inginkan.

Perubahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik itu melalui pengadaan prasarana, penciptaan atau penataan struktur, ataupun pembentukan mentalitas tertentu.

Pembangunan juga merupakan suatu proses transformasi dari kondisi aktual yang dirasakan masih kurang kepada kondisi ideal yang diharapkan dapat dipenuhi.

Keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah,cermat dan terukur.

“Pada hari ini, kita melaksanakan Musrenbang tingkat kelurahan dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2024 mendatang,atau lebih dikenal dengan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Pelaksanaan Musrenbang pada hari ini adalah lanjutan proses Musrenbang dimasing-masing lingkungan yang telah dilaksanakan yang dilanjutkan dengan Verifikasi Usulan kegiatan Musrenbangkel baik secara administrasi maupun lapangan sebagai salah satu indikator bahwa usulan kegiatan tersebut Layak atau tidak layak dibahas dalam Musrenbang tingkat Kecamatan.

Pembangunan tidaklah menjadi tanggungjawab pemerintah semata, meskipun domainnya berada pada pemerintah.

Namun, keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator pembangunan. Partisipasi semua pihak dimulai dari proses perencanaan, proses pelaksanaan pembangunan itu sendiri, bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memelihara hasil-hasil pembangunan.

Untuk itu pembangunan haruslah menjadi milik bersama, harus ada rasa memiliki oleh semua pihak, sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terjaga.

Kemampuan daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan masih terbatas, untuk itu perlu kesadaran dan pemahaman semua pihak mengenai keterbatasan tersebut, bahwa tidak semua program akan dapat didanai, tetapi haruslah disusun prioritas dari daftar panjang program-program yang ada.

Selain itu,perlu juga dicarikan peluang pendanaan dari sumber lain, baik dari APBD Provinsi, APBN ataupun kerjasama swasta dalam rangka investasi.

Selain itu, dengan adanya kerjasama dan sinergitas dengan kebijakan pembangunan Pemerintah Kota Banjar dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat, sehingga berbagai isu dan permasalahan yang berkembang dapat segera direspon ke arah yang lebih baik,” tutur dicky.

Selain itu kapolsek pataruman yang turut hadir AKP Hadi Sunarso S.sos menyampaikan dalam kegiatan yang saat ini terselenggara diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk proses tata kelola di tingkat kelurahan.

Dimana aspek yang harus dikaji dan dipelajari jangan sampai berbenturan dengan aturan atau pun pelanggaran yang nantinya ada masalah hukum yang ditimbulkan.

Semoga tiap hal dalam pembahasan ini dapat menjadi acuan tata kelola sampai 2024 dan tercapai pembangunan diwilayah kelurahan pataruman,pungkasnya.

Saat mengkonfirmasi perwakilan kelurahan staff perencanaan kelurahan pataruman sangat bersyukur sekali pada momentum ini sangatlah bermanfaat dimana kita mengevaluasi kinerja yang sudah dijalankan dan akan dilaksanakan.

Agar semua hal yang diajukan dapat menjadi hal yang dominan dan layak dalam semua aspek ajuan.

“Terimakasih terhadap para pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan hingga berjalan dengan lancar.

Semoga apa yang menjadi rumusan dalam Musrenbangkel hari ini menjadi bentuk perbaikan kinerja kelurahan pataruman kedepannya,” pungkasnya. (Suryatno)