Jawa BaratPemerintahanSumatera UtaraTNI/POLRI

Antisipasi Banjir, Anggota Satuan Samapta Polres Banjar Pantau Debit Air Citanduy

Banjar | Detakmedia.com

Guna mengantisipasi terjadinya banjir di Kota Banjar yang diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi, Unit Patroli Samapta Polres Banjar melaksanakan kegiatan pemantauan debit air di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, tepatnya di pintu Dobo Sungai Citanduy, Sabtu (24/09/2022).

Kasat Samapta Polres Banjar AKP Helmizar, S.IP menyampaikan, dalam pemantauan tersebut, debit air sudah mulai turun.

“Setelah terjadi hujan malam hingga dini hari, debit air Citanduy naik. Sehingga kita melakukan pemantauan, dikhawatirkan terjadi lagi banjir seperti yang terjadi 2 pekan lalu. Namun hingga tadi siang, debit air mulai surut.

Namun begitu, kami tetap mengingatkan kepada warga, khususnya yang berada dekat bantaran Sungai Citanduy, untuk tetap berhati-hati dan waspada , karena kita tidak bisa menduga akan datangnya bencana,” ucap AKP Helmizar.

Sementara itu di tempat yang berbeda, Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H, S.I.K, M.M melalui Ps Kasubsi Penmas Polres Banjar Aipda Nandi Darmawan, S.H menyampaikan, “dengan melakukan pemantauan ini, Kepolisian berupaya memberi peringatan dini saat ada potensi banjir dari naiknya debit air sungai Citanduy, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dicegah,”  ucap Aipda Nandi. (Suryatno)