Sebagai Narasumber, Ini Materi Kapolres Banjar dalam FGD Hari Sumpah Pemuda

Banjar | Detakmedia.com

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., membuka Kegiatan Forum Grup Discusion (FGD) Dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tingkat Kota Banjar Tahun 2022 di Aula Somahna Bagja Dibuana Sekretariat Daerah Kota Banjar. Selasa (25/10/2022).

Kegiatan yang mengambil tema ‘Dengan Momentum Hari Sumpah Pemuda Ke-49, Mari Kita Tingkatkan Peran Pemuda Dalam Pembangunan Kota Banjar Berseri’ ini dihadiri Oleh Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H.,S.I.K.,M.M., Wakil Ketua DPRD Kota Banjar, Asisten Sekretaris Daerah Administrasi Umum, Pemuda Pelopor yang diikuti oleh Perwakilan Organisasi Pemuda Se-Kota Banjar.

Menurut Wali Kota, FGD Hari ini bertujuan untuk meningkatkan peran pemuda sebagai penerus bangsa agar saling bahu-membahu mewujudkan Kota Banjar yang berseri. Peran pemuda sering dikaitkan dengan kemajuan suatu bangsa, bahkan di Indonesia peran pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah Tidak diragukan lagi.

Pemuda merupakan aset besar yang dimiliki sebagai sumber pembangunan suatu bangsa sehingga partisipasi dan peran pemuda perlu terus dijaga dan ditingkatkan.

“Pemuda juga sangat berperan dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang diwujudkan melalui berbagai inovasi yang dapat terus dikembangkan,” ujarnya.

Kata Ade, Pemerintah Kota Banjar saat ini tengah berupaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan Melalui strategi berseri di mana pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha termasuk sampai dengan apresiasi wirausaha berprestasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wali kota mengatakan bahwa Banjar berseri tidak akan tercapai jika tidak ada kerjasama partisipasi serta dukungan dari semua pihak termasuk generasi muda.

“Oleh karena itu Mari kita bergandengan tangan bahu-membahu untuk mewujudkan Kota Banjar ke arah yang semakin baik untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkas Wali Kota.

Sebagai narasumber Kapolres Banjar mengajak peserta FGD untuk merasakan atmosfer 94 tahun yang lalu saat pembacaan Sumpah Pemuda pada tahun 1928, bertujuan untuk merasakan semangat yang dibangun oleh pemuda-pemudi waktu itu dalam merancang gerakan kemerdekaan Indonesia.

“Untuk itu mari Kita semua memetik rasa semangat pada saat itu untuk diimplentasikan saat ini khususnya dalam membangun Kota Banjar ke arah yang lebih baik lagi, Kami membutuhkan ide-ide segar dan brilian dari para pemuda-pemudia kota Banjar dalam kemajuan kota Banjar yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Acara yang berjalan selama 3 jam tersebut dilanjutkan sesi tanya jawab dengan para peserta FGD dengan narasumber dan para stakeholder yang hadir dalam kegiatan tersebut. (Suryatno