BanjarHukum & Kriminal

Kapolres Banjar Hadir Dalam Kegiatan Pembinaan Pelatihan Kamtibmas di GOR Desa Balokang

Banjar | detakmedia.com

Kapolres Banjar menghadiri kegiatan Pelatihan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat di bidang hukum dan perlindungan masyarakat Desa Balokang yang bertempat di GOR Serbaguna Desa Balokang, Jalan Peta Kecamatan Banjar Kota Banjar, Selasa ( 13/12/2022).

Dalam kegiatan yang dihadiri Kapolres Banjar, hadir pula Kapolsek Banjar Kompol Sudi Hartono,S.Sos, Kasat Binmas Polres Banjar Iptu Atang Efendi, KBO Reskrim Polres Banjar Ipda Aef Kusyanto.S.H, Panit I Lantas Polsek Banjar Ipda Eko Drajar, Kades Balokang Idis.,S.H, Bhabinkamtibmas Desa Balokang Bripka Asep Iwan Setiawan, Perangkat Desa Balokang, Para Kadus Wilayah Desa Balokang, RW, RT, Tokoh Agama, Perwakilan Karangtaruna Desa Balokang.

Dalam sambutannya Kepala Desa Balokang Idis S.H menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres Banjar yang telah hadir dan menyampaikan materi dalam kegiatan tersebut. Dan berharap kegiatan tersebut bisa bermanfaat.

” Saat ini wilayah Desa Balokang terdiri dari lebih kurang 1.500 jiwa penduduknya. Dan saat ini situasi Kamtibmas dalam keadaan kondusif. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat serta menambah pengetahuan kita di bidang hukum, ” ucap Kepala Desa Balokang.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo,S.H, S.I.K,M.M sebagai nara sumber menyampaikan materi tentang Curanmor, Tilang ( Pelanggaran Lalu Lintas), Penipuan Investasi Bodong, Asusila, dan meningkatkan kondusifitas dalam menghadapi Pemilu 2024.

” Wilayah Hukum Polres Banjar secara keseluruhan dalam keadaan cukup kondusif, dan kejadian yang menonjol di Kota Banjar yaitu Curanmor. Seiring perkembangan jaman dan canggihnya jaman sekarang, kita bisa saling berbagi informasi positif dan saling mengingatkan melalui aplikasi WA (Whatsapp) dengan tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan, ” papar Kapolres Banjar

Ditambahkan Kapolres, ” Petugas Polri merupakan bagian dari masyarakat, jadi mari kita bersama-sama dan bersinergi dalam menjaga kondusifitas, ” imbuhnya.

Selanjutnya Kapolres Banjar pun menyampaikan tentang perihal Tilang atau pelanggaran Lalu Lintas.

” Di Kota Banjar saat ini sudah diberlakukan E-Tilang. ada beberapa titik yang terpasang E-Tilang di wilayah Kota Banjar. E-Tilang nanti berdampak pada surat-surat kendaraan yang dapat di blokir ketika akan membayar pajak, maka dari itu jangan sampai melanggar peraturan lalu lintas, ” imbaunya.

Terkait kasus Asusila yang terjadi di Kota Banjar, AKBP Bayu menyampaikan. Kasus asusila di Kota Banjar mengalami peningkatkan .

” Kita bisa melakukan pencegahan cara dengan cara kita meningkatkan pengawasan kita terhadap anak perempuan kita (bagi yang memiliki anak perempuan). Korban asusila bisa terlihat dari gerak-gerik anak perempuan tersebut , seperti menjadi pendiam, berprilaku yang tidak biasanya. Kita harus curiga dan harus perhatikan namun tidak boleh memojokan atau mengejeknya, ” jelasnya.

Selanjutnya yang perlu diwaspadai saat ini adalah Penipuan Investasi Bodong.
Di mana Penipuan Investasi Bodong di Indonesia sering terjadi, dengan iming-iming akan diberikan bunga sekian persen sehingga membuat tergiur oleh calon korban.

” Permasalahan ekonomi terjadi disetiap daerah atau wilayah ,seperti pinjaman online (pinjol) ilegal perlu kita waspadai, jangan tergiur oleh sebuah uang dengan persyaratan memberikan identitas pribadi kita, yang nanti nya dapat disebar luaskan dengan berita negatif, ” jelas Kapolres Banjar.

Dan yang terakhir dalam menghadapi Pemilu 2024, Kita mesti berhati-hati. Kita jangan terlalu fanatik kepada salah seorang paslon. Pilihlah sesuai hati nurani yang dapat menampung aspirasi kita, yang amanah, dan yang berprilaku baik, jangan sampai kehidupan bermasyarakat kita terpecah belah yang disebabkan dengan perbedaan memilih paslon, jangan tergiur oleh sebuah iming-iming (pemberian baju, dan uang transportasi).

” Dan yang penting juga, kita jangan mudah percaya dengan berita hoaks / berita yang belum tentu kebenarannya, tumbuhkan benteng yang kokoh pada diri kita, ” pungkas Kapolres Banjar.

Selama kegiatan berlangsung, peserta yang terdiri dari warga masyarakat Desa Balokang terlihat antusias menyimak materi yang disampaikan oleh Kapolres Banjar, dan kegiatan berjalan dengan aman, tertib, lancar dan kondusif. (Suryatno)

Loading