Peristiwa

MPLS Bagi Siswa Baru Prinsip Ramah Anak SMP Negeri 1 Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya

Tasikmalaya, DM

Hari pertama siswa/i masuk sekolah sejumlah sekolah di Tasikmalaya mulai menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru, seperti yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya mulai mengikuti MPLS yang akan dilakukan selama sepekan.

MPLS digelar 6 hari. 3 hari pengenalan sekolah dan 3 hari ekstrakurikuler dan kePramukaan, kata Kepala SMP Negeri 1 Kecamatan Pagerageung Agus Supriatna, S.Pd., M.Pd., Senin, 15 Juli 2019. Tahun Pelajaran baru kali ini SMP Negeri 1 Kecamatan Pagerageung menerima siswa baru dengan jumlah siswa per kelas 32 siswa. Menurut Kepala Sekolah Agus Supriatna, S.Pd., M.Pd. memiliki peranan sangat strategis sebagai proses adaptasi bagi siswa baru jenjang SMP Negeri 1 Kecamatan Pagerageung. Mata pelajaran beda mata pelajarannya, beda pula di Sekolah Dasar/ SD, kemudian jika di SD guru kelas, jika di SMP guru mata pelajaran, papar Kepala Sekolah.

Program kegiatan pengenalan lingkungan sekolah itu dilaksanakan oleh guru, sementara kakak kelasnya dilibatkan dalam pengenalan kegiatan ekstrakurikuler, kami pantas untuk antisipasi terjadinya bullying, kakak kelas terhadap adik kelasnya yang baru, dan kami upayakan terus agar siswa baru merasa nyaman dan menyenangkan di SMP Negeri 1 Kecamatan Pagerageung yang memiliki unggulan dari berbagai prestasi.

Kegiatan MPLS pengenalan lingkungan sekolah oleh siswa/i baru kelas VII sebanyak 320 orang yang dilaksanakan di kampus, lapang SMP Negeri 1 Kecamatan Pagerageung pada hari Senin, 15-19 Juli 2019, jam 07:00 WIB sampai jam 13:40 WIB. Materi yang disampaikan adalah: 1) Wawasan Wyata Mandala; 2) Kesadaran berbangsa dan bernegara 3) Pendidikan berkarakter; 4) Sosialiasi kurikuler; 5) Perilaku bersih dan sehat; 6) Pembinaan mental dan keagamaan; 7) Tata Krama; 8) Cara belajar yang kreatif; 9) Budaya literasi; 10) Kepramukaan; 11) Berbagai macam kurikuler.

Adapun program kegiatan yang lain adalah seperti OPENING ART: 1) Sanggar Tari Caraka, pimpinan: Andika, M.Pd.; 2) Ulasan di luar pembelajaran; 3) Baca surat ayat-ayat suci Al-Qur’an; 4) Pengenalan Gemah Remaja Masjid; 5) Perkenalan kreasi Seni, judul Munjung Sirung; 6) PMR, Parmuka, Marching Band.

Itulah yang disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 1 Kecamatan Pagerageung Agus Supriatna, S.Pd., M.Pd. ketika ditemui oleh Matalensa di ruang kerjanya. Dengan adanya kegiatan MPLS ini semoga dapat bermanfaat dan memberi motivasi kepada siswa barunya, untuk lebih semangat dalam belajar, amin Ketua Panitia MPLS 2019,  Sukma Aji, S.Pd. dkk. (Mukhlas, DIP.)

 

Loading