Bupati Tanggamus Ajak Jaga Harmonisasi Junjung Bersama

Tanggamus, Detak Media.com
Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani,SE.MM menegaskan ,supaya bisa menjaga harmonisasi persatuan , kekompakan , dan kesolidan di tengah tengah peradaban yang ada , adalah suatu hal yang harus kita junjung bersama sama. Penegasan Bupati itu disampaikan saat membuka Festival Kuda Lumping serangkaian kegiatan Festival Teluk Semaka , bertempat di Rest Area Kecamatan Gisting, Rabu (18/9/2019).

Dikatakan , Seni budaya adalah sesuatu yang sifatnya universal , yang mana dapat dilakukan dan dinikmati oleh suku bangsa manapun. “Seperti pada kegiatan festival Kuda Lumping yang sedang kita laksakan.

Kegiatan kuda lumping selain kita tampilkan dan dilombakan , kegiatan ini juga bisa dinikmati oleh masyarakat manapun walaupun itu masyarakat yang berasal bukan dari suku jawa dan begitu juga pula sebaliknya,”jelasnya

Bupati kabupaten Tanggamus berharap festival seni budaya semacam ini , kedepan dapat lebih beragam lagi.
Karena menurutnya , peradaban suku bangsa yang ada di Kabupaten Tanggamus beraneka ragam. “Ada jawa, lampung , sunda , Padang, semendo dan lainnya dari penjuru indonesia yang mana kesenian itu harus kita jaga dan terus dilestarikan sebagai ciri khas bangsa kita.
Jangan sampai kesenian dan budaya kita ini , suatu saat di miliki dan diakui oleh bangsa yang lain,” terang Bupati.

Dalam laporan Kepala Dinas , Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) l Hj.Retno Noviana Damayanti menyampaikan , kegiatan festival Kuda Lumping ini digelar selama dua hari , Dari tanggal 19 sampai dengan tanggal 20 September 2019 , dan diikuti oleh 24 peserta dari 11 kecamatan yang ada di kabupaten Tanggamus.

Menurut Retno , sudah mempunyai Paguyuban kuda lumping, sebanyak 110 kelompok di kabupaten Tanggamus , dan yang mengikuti festival ini sudah mewakili dari 110 kelompok tersebut. “Karena keterbatasan waktu pihak panitia hanya dapat menerima 24 kelompok kuda lumping yang bisa di ikut sertakan dalam festival ini,” ujar Retno.

Hadir dan menyaksikan Festival Kuda Lumping tersebut, Dandim 0424 Tanggamus Letkol. Arh Anang Hasto Utomo, Kepala Kajari David P. Duarsa , Wakapolres Tanggamus , Para Staf Ahli, Asisten Sekertariat Daerah , Para Kepala OPD, Para Camat, Dewan Juri , Peserta Festival dan Pencinta Seni Kuda Lumping.”(Masri.SP)