Kapolres Tanggamus Hadiri Penyerahan BPNT KKS di Kota Agung Timur

Tanggamus, Detak Media.com

Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM menghadiri pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Sembako Covid 19 di Kantor Kecamatan Kota Agung Timur, Senin (11/5/20).

Adapun pembagian Kartu keluarga sejahtera (KKS) Sembako Covid-19 itu dilaksanakan oleh Bank Mandiri Gisting di kepada 633 KPM sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19.

Kapolres AKBP Hesmu Baroto mengatakan, selain menghadiri kegiatan tersebut, pihaknya juga melaksanakan pengamanan guna memastikan kegiatan berjalan sesuai harapan.┬áPersonel diterjunkan sebanyak 11 orang, kami juga mengedepankan protokol kesehatan dan keamanan Covid-19 agar tidak menyebarnya virus Corona,” kata AKBP Hesmu Baroto.

Sementara Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani mengatakan KKS diberikan kepada masyarakat kurang mampu dalam bentuk bantuan pangan non tunai (BPNT) yang pembeliannya dapat dilakukan di E-Warung dengan jumlah Rp 200 ribu rupiah, dan pelaksanaan program tersebut nantinya secara bertahap akan berlangsung di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Secara bertahap, di tiap kecamatan warga yang masuk dalam data perluasan ini, akan mendapat bantuan tetapi tidak tunai, mudah- mudahan program bantuan baik itu dari pusat dan pemerintah daerah serta provinsi dapat membantu warga kita ditengah Pandemi covid-19 saat ini,” kata Bupati usai melihat pelaksanaan program tersebut.

Kepala Dinsos, Zulfadli mengatakan data perluasan program KKS ini merupakan langsung dari pusat hal ini berdasarkan instruksi dari Presiden RI. Adapun jumlah penerima sebelum ada perluasan menurutnya berkisar 39 ribu, dan nantinya setiap kecamatan akan bertahap dibagikan hingga setelah Idul Fitri 1441 Hijriyah,”jelasnya.

Data perluasan ini berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sementara di DTKS baru 40 persen yang menerima, sementara BPNT baru 28 persen, sehingga atas perintah dari Presiden bantuan ini diperluas sasarannya, penerima program ini hampir di seluruh kecamatan tetapi tidak merata ada 500 paling kecil dan mencapai 2 ribu tergantung luas wilayah kecamatan,” terangnya.

Untuk diketahui bahwa 18.471 warga di seluruh pekon di Kabupaten Tanggamus mendapat program Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS), jumlah tersebut merupakan perluasan yang mana diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak dari virus Corona (covid-19.)

Penulis : Masri sp