PD Ikatan Wartawan Online Tanggamus Bakti Sosial Pasca Banjir Kecamatan Semaka

Tanggamus, Detak Media.com

Pasca banjir Semaka yang sempat ditinjau Tim PD Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Tanggamus mengadakan Bakti Sosial dan selain dari Ibu Darmi istri veteran pada saat melaksanakan Bakti Sosial secara berkala ke beberapa Kecamatan, Selasa (06/10/20).

Pada saat Tim didampangi oleh aparatur Pekon Sedayu untuk meninjau situasi dan kondisi pasca banjir tiba-tiba seorang Ibu berteriak agar kiranya Tim berkenan untuk melihat kediamannya sembari berurai air mata, dengan rasa penasaran tim turun untuk mendatangi rumah beliau, dengan menarik tangan salah satu anggota PD IWO menunjukkan salah satu sudut bagian rumahnya yang diterjang material longsor pada saat malam kejadian banjir, Rabu malam (30 September 2020).

Miris memang dari sejak malam itu hingga hari ini 6 Oktober 2020, menurut beliau belum ada satu kali pun tim bantuan didatangkan baik dari Pekon, Kecamatan pun dari Pemkab setempat, belum ada pak, bantuan apa,? pernah ada bantuan sembako sekali nggak tahu dari mana,” terang beliau sembari terisak-isak.

“Lihat pak, maaf pak kalau tadi saya tarik-tarik” katanya ke tim karena memang beliau dengan amat sangat menghiba.

Ia menuturkan bila dirinya dirumah bersama suaminya, dan anak nya yang disana sudah berumah tangga, ada pun yang dua orang sedang ada di tanah rantau, “saya sama suami, anak disana sudah misah, yang dua di rantau, ya itu om, jangan di lihat depannya saja, tapi belakang nya, maaf ya om, tadi tak tarik, ini sumur sudah tidak ada, ketutup, liat om,”, tutur Ibu Sajiem ke awak media (TIM IWO) dan mengajak ke belakang untuk melihat kondisi belakang rumahnya.

Setelah melihat hampir secara keseluruhan belakang rumah beliau yang bisa dikatakan memang tepat disisi tebing dan samping rumahnya ada siring aliran sungai kecil dari lereng bukit, material yang di bawa air memang masih terlihat jelas belum sama sekali dilakukan pembersihan.

Melihat kondisi itu Odo Kuswantoro, ketua PD IWO Tanggamus merasa perihatin, dan meminta kepada Ibu Sajiem untuk bersabar, pada saat menyerahkan sembako yang di dapat dari sumbangsih para dermawan berikut pejabat yang berpartisipasi bersama, “tujuan baksos ini selain memang adalah kegiatan berkala PD Tanggamus, juga untuk mengajak juga memotivasi pihak-pihak terkait untuk bisa lebih peka, terhadap sesama, dan juga mengajak hadir bersama ketengah masyarakat untuk melihat secara langsung kondisi dan situasi sebenarnya, aktifitas masyarakat setelah pasca bencana,” kata beliau.

Wiwin Triani, selaku Camat Semaka menyambut baik kedatangan tim yang sudah mau datang ke-Posko bantuan yang bertempat di kantor kecamatan setempat,” ini wujud perhatian dari kawan-kawan media yang tergabung di Ikatan Wartawan Online (IWO), kami sangat apresiasi sekali, akan pergerakan kawan-kawan dan mudah-mudah bisa menjadi contoh untuk yang lain, agar kalau langsung meninjau seperti kan tau persis akan keadaan yang ada, “jelasnya.

Lanjutnya Ibu Camat, “Untuk Dapur umum sudah di tutup dan hanya berjalan tiga hari dikarena Warga sudah mulai beraktivitas lagi dan pendistribusian bantuan memang belum kita salurkan karena kemaren belum mencukupi banyaknya data penerima di Pekon, rencananya besok baru kami berikan kepada yang terdampak Musibah Banjir, pungkasnya.

Penulis : Masri sp