Cegah Longsor, ACSET Bikin Sodetan di Sungai Cipamingkis Kp. Jagaita Desa Jonggol Kec. Jonggol

Kab. Bogor, Detak Media.com

Kurangnya akses dan perhatian warga masyarakat terbawah secara formal oleh pemerintah tidak membuat warga kp. Jagaita menyerah pada keadaan yang mengancam mereka.

Kp. Jagaita Desa Jonggol Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor, berada di pesisir tebing atau pinggiran sungai Cipamingkis. Karena fenomena alam, beberapa rumah terancam longsor akibat abrasi sungai yang meluap saat musim hujan.

Ust. Bustomi salah seorang tokoh masyarakat kp. Jagaita, kepada awak media ini,  menyatakan “warga tidak tinggal diam akan ancaman longsor yang bisa saja kembali menghanyutkan rumah warga yang berada dekat sungai Cipamingkis ini, mengharapkan bantuan pemerintah penuh birokrasi, harus ajukan kesana kesini, dan belum tentu kapan bisa membantu persoalan,  sementara dalam waktu dekat sudah musim hujan.  Untuk itu kami bersama RT RW,  khususnya RT 02, RW 06 kp. Jagaita menggalang swadaya warga, juga dana untuk membantu pekerjaan sodetan baru,” ujar beliau berkata.

Pihak ACSET perusahaan member Astra, dengan alat berat excavator dalam waktu sepekan kedepan akan mengerjakan sodetan tersebut. Hendra salah satu staf ACSET menyatakan sesuai dengan konsolidasi awal, bahwa pihaknya mulai hari ini Senin, tanggal 12 Oktober 2020,  akan mengerjakan sodetan baru karena sodetan lama telah tertimbun material dari hulu sungai.

Sodetan baru  yang akan  dikerjakan,  dengan membelokkan atau meluruskan alur sungai saat ini, sehingga menjauh dari pinggiran tebing kp. Jagaita, jadi nantinya air sungai diharapkan tidak lagi mengikis tebing perkampungan yang rawan longsor tersebut.

Pihaknya diminta oleh Kades Jonggol, yang juga sudah diketahui Camat Jongggol bahkan Dinas PUPR, supaya membantu pekerjaan sodetan ini dengan bersinergi dengan warga sekitar.”Mudah-mudahan bermanfaat untuk keselamatan perkampungan dan agar kedepannya  diantara kami dengan warga sekitar,  dapat terjalin seperti persaudaraan” ujarnya.

Kades Jonggol H. Yofi Mohamad Safri S.E. saat meninjau dilokasi,  kepada awak media ini, mengharapkan setelah sodetan yang dikerjakan oleh ACSET berkolaborasi dengan warga sekitar, air sungai dari hulu ke hilir tidak lagi menabrak atau mengikis tebing kp. Jagaita, khususnya rumah yang berdekatan dengan sungai Cipamingkis.

“Ucapan terimakasih dan apresiasi saya selaku Kades kepada pihak ACSET yang membantu  dan juga semangat kebersamaan warga saya, untuk mewujudkan pekerjaan ini”  pungkasnya mengakhiri perbincangan.

Penulis : Gultom