Sumatera Utara

Bupati Bogor Ade Yasin, Launching Program Samisade di Desa Cipenjo Kecamatan Cileungsi

Kab. Bogor, Detak Media.com

Secara resmi, Bupati Bogor Ade Yasin SH, melaunching Program Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa Satu Milyar Satu Desa (Samisade) di halaman Kantor Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/02/21).

Acara dihadiri banyak Petinggi Pemkab Bogor, beberapa Kepala Dinas, Penjabat Camat Cileungsi dan unsur Muspika lainnya serta para Kades se-Kecamatan Cileungsi dengan tetap menerapkan Prokes ketat.

Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan, program Samisade ini adalah bantuan keuangan untuk membangun proyek-proyek Infrastruktur atau meningkatkan Integritasi dan koneksitivitas serta meningkatkan kualitas Insfrastruktur itu sendiri

“Di tahun 2021 ini Pemkab Bogor sudah menganggarkan 311,8 milyar untuk membangun jalan ataupun jembatan di 349 Desa, 38 Kecamatan dan 532 titik” papar Bupati Ade Yasin.

Ade Yasin menambahkan, bahwa program Samisade ini sangat ditunggu, apalagi dimasa kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19, demi meningkatkan dan menggerakkan ekonomi masyarakat Desa.

“Karena dengan mulusnya jalan maka akses menuju Objek Pariwisata, Sentra Pertanian, Sentra Perekonomian lainnya, maka jalur distribusi pun tidak lagi menjadi hambatan,” ujar Ade Yasin

Dikatakan Ade Yasin, supaya Program Samisade ini tepat sasaran oleh Aparatur Desa, maka pencairan, penggunaan dan laporannya baik dan benar seharusnya diawasi oleh warga masyarakat, Camat, Inspektorat, Kepolisian dan Kejaksaan.

“Sebagai contoh tertangkapnya Kasi Pelayanan Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin oleh Kepolisian harus menjadi pembelajaran agar tidak terulang lagi di Program Samisade” tegas Ade Yasin

Menurutnya, dengan adanya Program Samisade, Pemkab Bogor mengharapkan hal ini menjadi salah satu stimulus kebangkitan ekonomi di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Selain itu, kita juga harus menggalakkan kembali semangat kesetiakawanan dan gotong-royong yang saat ini mulai memudar” pungkasnya.

Selepas santap siang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Reynaldi Yushab Fiansyah, kepada beberapa awak media, menyatakan Program SAMISADE ini telah diungkapkan Tahun 2019 lalu, tapi perlu dimatangkan dan juga sedikit terhambat karena merebaknya Covid-19 di awal tahun 2020.

Sementara itu, mantan Camat Cileungsi ini menambahkan pihak Desa mengajukan proposalnya, dan pihaknya memverifikasi dan menetapkan bantuan tersebut dengan nilai Rp 250 Juta sampai 1 Milyar disesuaikan dengan kondisi Desa dan kebutuhannya.

“Yang paling penting, program Samisade ini sangat transparan. Kita buatkan website nya yang bisa di akses oleh siapapun. Desa mana yang dapat program, berapa titik dan nilainya ada disitu. Mari kita sama-sama mengawasinya, agar tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan,” tandasnya. (Gultom)

 

Editor : Rdy

Loading