Proyek Peningkatan Kapasitas Jalan Kabupaten di Kecamatan Gantung Disinyalir Tidak Sesuai Rekontruksi

Beltim | Detakmedia.com

Pada tanggal 31 Juli 2022, Ketua LSM Fakta Beltim Ade Kelana memantau pengerjaan proyek rekonstruksi/peningkatan kapasitas struktur jalan Kabupaten Ruas Batu Penyu – Gusong China di Kecamatan Gantung yang di danai dari DAK Penugasan Tahun 2022 Sebesar Rp 5.585.970.000 (Lima milyar lima ratus delapan puluh lima juta sembilan ratus tujuh puluh ribu rupiah).

Menurut Ade kelana, pada pekerjaan ini ada indikasi atau diduga campuran bahan material Lapis Pondasi Atas (LPA) menggunakan material yang kurang pas, dan ini akan berakibat pada pengaspalannya nanti dikhawatirkan tidak akan dapat menyatu dengan Hotmiknya.

“Saya lihat sendiri LPA yang dipasang itu hancur waktu di guyur hujan,” ucap Ade Kelana.

Kata Ade, mumpung ini masih dalam pengerjaan dasaran, Saya minta PPK memerintahkan kontraktor untuk mengganti material LPA ini dengan material yang sesuai dengan lokasi di Gusong China ini yang hanya berpasiran.

“Bagaimana bisa kuat jalan ini kalau dasarannya tidak memggunakan batuan yang keras,” ujar Ade

Dirinya juga berharap kepada Bupati dan Komisi terkait di DPRD Beltim mau turun kelapangan saat ini, saat pekerjaan masih dalam pengerjaan awal-awal yang saya duga tidak sesuai dengan kondisi di lapangannya ini,” kata Ade lagi.

Proyek ini agar ada perbaikan yang dilakukan supaya pekerjaan mempunyai hasil maksimal, dan dana yang besar ini benar-benar bermanfaat,” tutup Ade. (Tomy)