Akarista 5 Dibuka Pondok Pesantren Al-Kautsar Kota Banjar dengan Piala Bergulir Gubernur

Banjar,Detakmedia.com – Pondok pesantren Al-Kautsar gelar Ajang Kretifitas Intelektual dan Seni Antar Pelajar 5 atau Akarista 5, menyelenggarakan seminar kepemudaan serta kompetisi seni sebagai wadah pengembangan minat dan potensi pemuda yang melibatkan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA di Indonesia Tahun 2022.

Akarista mengangkat tema “Menjadi Pelopor di Era Digital” sebagai perwujudan harapan-harapan untuk memberikan perubahan pada masa depan yang lebih baik.

2 bintang tamu dan 12 perlombaan, SD Se-Priatim SMP Se-Jawa Barat dan SMA Se-Pulau Jawa, terdiri dari:Pildacil,MHQ,Baca Carpon,Olimpiade MIPA, Cipta Baca Puisi, Nasyid, Handicraft, Fotografi, Video Kreatif, Speech Contest, Story Telling dan LJM (Lomba Jelajah Medan) dengan total hadiah  Puluhan juta rupiah dan Piala Bergilir Gubernur Jawa Barat.

Akarista bertujuan untuk meningkatkan daya saing pelajar, merekatkan tali persaudaraan antar pelajar, sehingga timbul rasa memiliki dan menguatkan rasa persatuan membangun karakter pelajar dengan pendidikan karakter (character building).

Akarista 5 ini diselenggarakan dalam waktu tiga hari dari pembukaan tanggal 25 Agustus sampai penutupan 27 Agustus 2022 oleh Pondok Pesantren Al-Kautsar Banjar yang dipanitia oleh OSAKA (Organisasi Santri Al Kautsar), bertempat di Pondok Pesantren Al Kautsar Banjar.

Pembukaan AKARISTA 5 ini dipandu oleh santri Al-Kautsar;Aldo Badra Dipo, Muhammad Azzam Aditya, dan Abdullah Azam. Pembacaan ayat Qur’an oleh Fauzan Al-anshori, serta pembacaan laporan kegiatan AKARISTA 5 oleh ketua pelaksana, Muhammad Salman Audah,”Peserta yang mengikuti lomba berjumlah 993 terdiri dari 692 peserta online dan 301 offline,” lapornya.

Ia juga berpesan,“Jadilah sang pelopor yang berusaha menyebar kebaikan dalam kehidupan”. Sambutan dari Kepala ma’had Al-Kautsar, Muhammad Ridlwan, Lc. “Kami siap senantiasa untuk berkontribusi untuk kemajuan kota banjar dan juga bangsa,” ujarnya.

Serta sambutan dari wali kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, S.I.P, M.Si. sekaligus membuka secara resmi AKARISTA 5,“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim saya resmikan akarista lima yang diselenggarakan al kautsar saya buka,” ungkapnya.

Pembukaan AKARISTA 5 ditutup dengan pembacaan doa oleh Muhammad Fauzan Al-anshori dan juga penampilan dari santri Al-Kautsar.

“Harapannya potensi para pelajar bisa di kembangkan dan ditampilkan secara umum apalagi setelah covid-19 para pelajar para pelajar lebih banyak berdiam diri, dengan akarista ini berharap banyak membawa perubahan,” ungkap ketua pelaksana AKARISTA 5, dikutip langsung. (Suryatno)